LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP LAJU REAKSI

Diposting oleh Beeola di 15.30



LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA
PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP LAJU REAKSI
Disusun oleh :
KELOMPOK VI (LIMA)
Dara Wirajuba
Hariza Mahendra
Ike Yolanda
Sherli Mevitasari
Yusuf Abdulah
Zafira Yunara Senja

SMA PLUS NEGERI 7 BENGKULU
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
TAHUN AJARAN 2013/2014


A.JUDUL
“Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi”
B.TUJUAN
      1. Siswa dapat menentukan pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi
C. LANDASAN TEORI
Selain luas permukaan dan suhu , laju reaksi juga dipengaruhi konsentrasi . Sebagai contoh,perhatian reaksi kapur tulis yang menganudng CaCO3 dengan HCl yang menghasilkan gelembung CO2
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI
Pengalaman menunjukan bahwa serpihan kayu terbakar lebih cepat daripada balok kayu, hal ini berarti bahwa laju reaksi yag sama dapat berlangsung dengan kelajuan yang berbeda, bergantung pada keadaan zat pereaksi. Dalam bagian ini akan dibahas faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Pengetahuan tentang hal ini memungkinkan kita dapat mengendalikan laju reaksi, yaitu melambatkan reaksi yang merugikan dan menambah laju reaksi yang menguntungkan.
1.      Konsentrasi Pereaksi
Konsentrasi memiliki peranan yang sangat penting dalam laju reaksi, sebab semakin besarkonsentrasi pereaksi, maka tumbukan yang terjadi semakin banyak, sehingga menyebabkan laju reaksi semakin cepat. Begitu juga, apabila semakin kecil konsentrasi pereaksi, maka semakin kecil tumbukan yang terjadi antar partikel, sehingga laju reaksi pun semakin kecil.
2.      Suhu
Suhu juga turut berperan dalam mempengaruhi laju reaksi.Apabila suhu pada suatu rekasi yang berlangusng dinaikkan, maka menyebabkan partikel semakin aktif bergerak, sehingga tumbukan yang terjadi semakin sering, menyebabkan laju reaksi semakin besar. Sebaliknya, apabila suhu diturunkan, maka partikel semakin tak aktif, sehingga laju reaksi semakin kecil.
3.      Tekanan
Banyak reaksi yang melibatkan pereaksi dalam wujud gas. Kelajuan dari pereaksi seperti itu juga dipengaruhi tekanan. Penambahan tekanan dengan memperkecil volume akan memperbesar konsentrasi, dengan demikian dapat memperbesar laju reaksi.

2.      Katalis
Katalis adalah suatu zat yang mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu, tanpa mengalami perubahan atau terpakai oleh reaksi itu sendiri. Suatu katalis berperan dalam reaksi tapi bukan sebagai pereaksi ataupun produk. Katalis memungkinkan reaksi berlangsung lebih cepat atau memungkinkan reaksi pada suhu lebih rendah akibat perubahan yang dipicunya terhadap pereaksi. Katalis menyediakan suatu jalur pilihan dengan energi aktivasi yang lebih rendah. Katalis mengurangi energi yang dibutuhkan untuk berlangsungnya reaksi.

3.      Luas Permukaan Sentuh
Luas permukaan sentuh memiliki peranan yang sangat penting dalam laju reaksi, sebab semakin besar luas permukaan bidang sentuh antar partikel, maka tumbukan yang terjadi semakin banyak, sehingga menyebabkan laju reaksi semakin cepat. Begitu juga, apabila semakin kecil luas permukaan bidang sentuh, maka semakin kecil tumbukan yang terjadi antar partikel, sehingga laju reaksi pun semakin kecil. Karakteristik kepingan yang direaksikan juga turut berpengaruh, yaitu semakin halus kepingan itu, maka semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi; sedangkan semakin kasar kepingan itu, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk bereaksi.

D.CARA KERJA
1.Alat dan Bahan
1.      Tabung Reaksi                                                           5. Pita magnesium ± 2 cm
2.      Gelas ukur 10 mL                                                      6. Stopwatch
3.      Pipet tetes                                                                   7. Amplelas
4.      Larutan asam klorida 1 M ,2M ,3M .                          8. Rak tabung reaksi

2.Cara Kerja
       1. Tuangkan ke dalam labu 20 tetes larutan HCl 1 M
2. Masukkan ke dalam labu pita magnesium , amati yang terjadi dan catat waktunya .
3. Lakukkan hal yang sama pada larutan HCl 2 M dan 3 M
4. Catat semua pada lembar pengamatan

E.HASIL PENGAMATAN
Pengamatan konsentrasi pada laju reaksi
Konsentrasi HCl
Waktu (detik)
1 M
1 Menit 10 Detik = 70 Detik
2 M
56 Detik
3 M
36 Detik




F.PEMBAHASAN
Pada percobaaan tabung reaksi yang berisi 20 tetes HCl 1 M saat di masukkan pita magnesium maka HCl mengalami reaksi  yaitu larutan HCl mengalami berbuih , terasa panas , berasap , dan bembutuhkan waktu 70 detik untuk pita Mg nya menghilang .
Pada percobaaan tabung reaksi yang berisi 20 tetes HCl 2 M saat di masukkan pita magnesium maka HCl mengalami reaksi  yaitu larutan HCl mengalami berbuih , terasa panas , berasap , dan bembutuhkan waktu 56 detik untuk pita Mg nya menghilang .
Pada percobaaan tabung reaksi yang berisi 20 tetes HCl 3 M saat di masukkan pita magnesium maka HCl mengalami reaksi  yaitu larutan HCl mengalami berbuih , terasa panas , berasap , dan bembutuhkan waktu 36 detik untuk pita Mg nya menghilang .



G.Pertanyaan
1. Bagaiman hubungan antara laju reaksi dengan konsenterasi ?
       Jawab :
        Semakin tingggi konsentrasi suatu larutan maka semakin cepat pula menghilang nya pita Mg
2. Bagaimana perubahan laju reaksi dengan perubahan konsentrasi bila di nyatakan dalam bentuk grafik ?
Jawab :


H.KESIMPULAN 
          Dari percobaan yang kita lakukkan dapat di ambil kesimpulan bahwa semakin tingggi konsentrasi suatu larutan maka makin cepat pula laju reaksinya . Sehinga apabila konsentrasi suatu larutan tersebut semakin tinggi maka waktu yang di perlukkan larutan tersebut untuk mehilangkan pita Mg juga akan cepat .   Kesimpulan : ( bila konsentrasi lebih besar maka laju reaksi makin cepat dan lebih cepat waktunya )

9 komentar:

Iis Rinari Putri mengatakan...

(y)

Unknown mengatakan...

bagus ya blognya
salam kenal

Unknown mengatakan...

blog mu beda dari ynag lain makin betah nih

Unknown mengatakan...

terima kasih, sangat membantu

Unknown mengatakan...

bagus banget blog nya <3

Anonim mengatakan...

blognya bagus, postingannya membantu. terima kasih
*lagunya pas hehe

Unknown mengatakan...

Good

Unknown mengatakan...

Kak boleh minta filenya ga

kaum.rebahan mengatakan...

Gemes banget plissss

Posting Komentar

 

Beeola Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review